top of page
  • Writer's pictureOlyn Silvania

Pengalaman Menjadi Kontributor Program #InspirasiLewatKata

Hai Lensaners!

Ini adalah konten perdana untuk topik life experience. Kali ini aku ingin share pengalamanku mengikuti program #InspirasiLewatKata. Penasaran? Yuk, baca ceritanya di bawah ini!



Belakangan ini hastag #DiRumahAja atau #StayAtHome menjadi viral di media sosial. Kedua hastag tersebut viral setelah adanya himbauan pemerintah kepada masyarakat untuk beraktivitas di rumah demi memutus rantai penyebaran Covid-19. Ketika awal-awal #DiRumahAja, aku sempat merasa jenuh dengan rutinitas yang sama dari hari ke hari. Aku butuh "pelarian" sejenak dengan melakukan aktivitas yang baru nan bermanfaat.



Banyak jalan menuju Roma untuk mengembangkan diri.

Pepatah di atas menjelaskan bahwa terdapat banyak cara untuk mengembangkan diri di tengah pandemi Covid-19. Termotivasi dari pepatah di atas, aku memutuskan untuk mencari informasi kegiatan daring melalui Instagram. Dalam memilih kegiatan, prinsipku adalah, "Pilih kegiatan yang kamu benar-benar sukai, tapi sesuaikan dengan kapasitasmu saat ini." Karena saat ini aku sedang mengerjakan skripsi, aku tak mungkin melakukan kegiatan dalam jumlah banyak. Nanti skripsinya gak kesentuh dong, Lyn huhuhuhu.


Sekitar akhir bulan Agustus 2020, tiba-tiba kutemukan feeds Instagram yang berisi kalimat, "Open Recruitment Changemakers #InspirasiLewatKata - memanggil kamu yang suka buat kata-kata (quotes) orisinil." Feeds tersebut diunggah oleh akun @lifelearner.me.


lifelearner.me adalah suatu platform yang berfokus pada bidang pengembangan diri, pendidikan, dan nilai kehidupan. Buat kamu yang ingin tahu platform ini lebih lanjut, kamu bisa stalk akun Instagramnya di https://www.instagram.com/lifelearner.me/. Sedangkan, #InspirasiLewatKata adalah program yang mengajak pengguna media sosial untuk membuat dan mengunggah kata-kata inspiratif. Karena aku memiliki minat yang sama dengan platform ini dan cukup senang membuat quotes, aku memutuskan untuk mendaftarkan diri sebagai Changemakers (kontributor).


Dalam program ini, aku dibebaskan untuk membuat kata-kata inspiratif atau bahasa kerennya quotes selama 7 hari. Topiknya bebas, nggak ada batasan. Jadi, satu hari mengunggah satu quotes di aplikasi Campaign atau di Instagram dengan tag @lifelearner.me. Prosedur untuk berpartisipasi sebagai Changemakers (kontributor) bisa dibilang sangat mudah. Program ini tidak melibatkan proses seleksi untuk memilih kontributor terbaik. Saat itu aku hanya perlu mendaftar di link yang tersedia dan langsung bergabung di grup WhatsApp.


Aku memperoleh banyak benefit ketika mengikuti program #InspirasiLewatKata seperti e-sertifikat dalam Bahasa Inggris, relasi baru, kesempatan untuk berkolaborasi, dan akses mengikuti kelas daring pengembangan diri.


Selain benefit, terdapat beberapa hal yang kudapatkan selama mengikuti program #InspirasiLewatKata, yaitu:

1. Belajar untuk mengasah kreativitas dalam menyusun quotes inspiratif dan mendesainnya agar lebih menarik.

2. Berangkat dari pengalaman pribadi, aku merasa terinspirasi ketika membaca quotes dari tokoh terkenal. Dari hal tersebut, aku termotivasi untuk membuat quotes yang bisa dibagikan kepada orang lain. Harapannya, semoga quotes yang kubuat bisa menginspirasi orang lain untuk mengembangkan diri ke arah yang lebih baik.

3. Belajar peduli kepada sesama. Aku menyadari bahwa masih banyak orang di luar sana yang membutuhkan. Program ini mengajakku untuk berdonasi. Secara spesifik setelah menyelesaikan program, kontributor akan berdonasi sebesar 10. 000. Jadi sambil berkarya, sambil beramal juga.


Nah berikut merupakan 7 quotes yang kubuat selama mengikuti program ini:


1 view0 comments
bottom of page